• RAMBU NAVIGASI LAUT

    RAMBU NAVIGASI LAUT INDONESIA


    rambu navigasi laut
    rambu navigasi laut

    Rambu navigasi laut
     
    WA: 021-228-6882 / 0813-8988-2622 di cvska.net perusahaan yang bergerak dalam penjualan dan jasa perawatan sarana bantu navigasi pelayaran SBNP.

    Kebutuhan akan rambu rambu di laut khususnya di negara kita Indonesia menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting mengingat luas dari laut lebih besar dibanding daratan yang dimiliki. Menjadi salah satu negara kepulauan yang memiliki pulau terbanyak di dunia dengan penduduk sebagian besar berada pada kelima pulau besar yang utama yaitu Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Irian Jaya (Papua), Pulau Sumatera.  Belum lagi jumlah pulau kecil yang banyak terutama yang terletak di perbatasan antar negara tetangga yang sangat beresiko terhadap pelanggaran kedaulatan NKRI. Banyak masuknya kapal asing dan pencurian ikan akan sangat merugikan negara kita. 

    Hubungan rambu navigasi laut dengan pengawasan wilayah perbatasan sangat erat mengingat adanya alat transmisi radio navigasi pelayaran yang juga digunakan pada sarana bantu navigasi  dalam perlengkapan pendukung  yang menempel pada pelampung suar (buoy). Dari peralatan pendukung yang menempel pada rambu suar  informasi khususnya yang dikirim melalui satelit dapat diterima di pusat kontrol yang bertugas mengawasi daerah rawan pelanggaran ini. Bersumber dari data di lokasi rambu terpasang yang akan mengirimkan sinyal berupa informasi mengenai keadaan laut di daerah yang memiliki zona perbatasan dimana paling tinggi terhadap pelanggaran yang mungkin terjadi. 

    Rambu navigasi laut bukan hanya berfungsi sebagai tanda larangan melintas  karena  dangkal atau berbahaya tetapi juga sebagai sarana informasi bagi pengawasan laut yang bagi negara khusus di perbatasan.

    FUNGSI RAMBU DI LAUT

    FUNGSI RAMBU DI LAUT, RAMBU NAVIGASI LAUT

    Apa fungsi perambuan laut pada umumnya sebagai rambu navigasi yang juga  mengatur rambu lalu lintas di laut demi keselamatan kegiatan pelayaran. 

    Beberapa dari fungsi  rambu di laut digunakan juga untuk acuan para nakhoda kapal namun dalam perjalanan waktu menggunakan teknologi tinggi dan beberapa peralatan pendukung yang memiliki fungsi sebagai pengawasan bagi area perbatasan sperti GPS, Radio Transmiter dan lampu Solar cell. Berikut Fungsi rambu di laut yang secara khusus sebagai berikut :

    1. Memberikan tanda  warna di siang hari melalui warna dan bentuk.
    2. Memberikan tanda di malam hari melalui lampu suar tenaga matahari.
    3. Memberikan tanda melalui suara atau bunyi sebagai alternatif tanda saat laut gelap berkabut.
    4 Tanda penuntun kapal saat melewati alur dangkal saat mendekati perairan atau selat sempit ( Suar Penuntun ).
    5. Sebagai tanda pintu masuk dan pintu keluar pelabuhan.
    6. Pengawasan (Monitoring) daerah perbatasan atau jalur ramai pelayaran.
    7. Sebagai antisipasi awal bahaya Tsunami agar terdeteksi sejak dini.
    8. Tambatan kapal ( Mooring ) agar tidak melepas jangkar yang dapat merusak kehidupan di dasar laut.
    9. Sebagai penanda batas dan arah serta posisi mata angin (Kompas).
    10. Sebagai penanda area dalam dan dangkal yang berbahaya yang tidak boleh dilalui bagi pelayaran.
    11. Sebagai penanda koordinat dan posisi kapal karam.
    12. Sebagai pemberi tanda area laut aman.



    RAMBU RAMBU DI LAUT



    Rambu rambu di laut Indonesia mengikuti standar IALA Buoyage System Region A dimana hampir seluruh negara didunia mengikuti acuan dan ketetapan sebagai standar dari rambu rambu lalu lintas di laut



    IALA Buoyage System Region A
    IALA Buoyage System Region A


    Ketetapan yang mengatur kode rambu suar lengkap hanya ada dua sistem yang berlaku yaitu  IALA buoyage system region A dan B. 

    Dibawah adalah gambar perbedaan   sistem IALA buoyage system region  tipe A dan B yang menjadi acuan rambu kelautan dan pelayaran beberapa Negara. 


    perbedaan IALA Buoy Sistem region
    perbedaan IALA Buoy Sistem region A dan B

    3 JENIS TANDA  RAMBU RAMBU LAUT


    Ada beberapa tanda jenis rambu laut yang biasa digunakan baik itu di perairan dangkal maupun perairan laut yang dalam.  Tanda  sinyal  rambu di laut sebenarnya  memiliki beberapa tanda yaitu warna, cahaya dan suara atau bunyi. Bila dari warna memiliki tujuan atau maksud agar mudah dilihat dari kejauhan saat di siang hari. Sinar lampu atau  cahaya  sebagai tanda dari rambu di laut yang memilki tujuan atau maksud  agar mudah dilihat dari kejauhan pada saat malam hari. Serta bunyi sebagai tanda agar dapat didengar dari kejauhan saat siang dan juga malam hari. Ini semua memiliki tujuan apa bila salah satu dari bunyi atau isyarat baik lampu yang tidak berfungsi masih bisa menjadi acuan alternatif sebagai rambu isyarat cadangan.

    1. TANDA BUNYI RAMBU LAUT

    Rambu laut yang mengeluarkan tanda berupa bunyi ini sebenarnya merupakan alternatif bila keadaan cuaca di laut berkabut saat badai. Untuk suara bunyi berupa suara bel, gong, whistle dan klingons  agar anda mengetahui tanda dari rambu serta arti dan maksud dan tujuan rambu laut dibuat baik untuk kepentingan rambu lalu lintas pelayaran untuk keselamatan juga bagi pengawasan. Videonya disini.  

    2. TANDA LAMPU SUAR RAMBU LAUT

    Untuk lampu suar sebagai rambu laut yang memiliki tanda warna dan cahaya atau sinar lampu juga berkedip atau cerlang (blink) merupakan tanda yang memiliki arti. Lampu suar selalu digunakan baik pada pelampung suar atau sering ditemukan pada menara lampu suar pelabuhan atau mercusuar. Cara membaca lampu suar  khususnya merupakan syarat mutlak yang harus di kuasai  pelaut  atau Nakhoda kapal untuk memperoleh sertifikasi atau surat ijin mengendarai seperti layaknya SIM bila anda berkendara di jalan.  Lebih detail mengenai cara membaca rambu laut ini bisa anda baca  pada artikel saya yang lain.

    3. TANDA WARNA RAMBU SUAR  

    Warna yang digunakan pada rambu navigasi laut secara umum mengunakan warna terang atau kontras mulai dari warna kuning, merah, hijau, hitam, dan putih. Rambu suar laut memiliki beberapa jenis yang memiliki fungsi baik secara khusus dan secara umum sebagai rambu navigasi laut. Untuk rambu laut dengan warna serta arti dari tanda atau kode tersebut lebih jelasnya anda dapat temukan pada bagian ini.
      




    HARGA RAMBU LAUT


    Harga rambu laut di cvska penawaran-nya bisa anda tanyakan pada bagian marketing pada nomor telepon yang tertera diatas. Cvska menjual berbagai jenis rambu suar laut mulai dari  pelampung suar (buoy), pembuatan menara suar, perlengkapan pendukung seperti transmisi radio dan berbagai model lampu suar tenaga matahari solar cell. Kami juga menerima mulai dari perencanaan pembangunan menara suar atau mercusuar dan jasa perawatan rambu navigasi laut secara umum di seluruh Indonesia.


    Demikian semoga cvska dapat memberikan pelayanan terbaik sebagai perusahaan yang akan membantu dalam bidang penjualan dan jasa perawatan sarana bantu navigasi pelayaran.


    Salam

    Rambu navigasi laut, harga rambu laut


    CVSKA.NET

    Artikel terkait :
    sarana bantu navigasi pelayaran (sbnp)makalah tentang sarana bantu navigasi pelayaran | navigasi pelayaran adalah | kode rambu suar lengkap | pengertian sarana bantu navigasi pelayaran | rambu rambu lalu lintas di laut | pm 25 tahun 2011 tentang sbnp | tiang lampu menara suar
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    SARANA BANTU NAVIGASI PELAYARAN (SBNP)

    Kami siap melayani jasa mulai dari proses perencanaan, instalasi hingga perawatan untuk penyediaan alat bantu navigasi pelayaran di Seluruh Indonesia.

    Cari di Web Ini

    ADDRESS

    Legenda Wisata, Ruko Newton Square Blok U20 No.7 Gunung Putri Bogor, Jawa Barat

    EMAIL

    marketing@cvska.net

    info@cvska.net

    MOBILE

    +62-21-2288-6882,
    +62-813-8988-2622