• FASILITAS NAVIGASI PELAYARAN

    FASILITAS NAVIGASI PELAYARAN

    FASILITAS NAVIGASI PELAYARAN
    FASILITAS NAVIGASI PELAYARAN

    Fasilitas navigasi pelayaran WA:0813-8988-2622/021-2288-6882 cvska.net  mulai dari perencanaan, pemasangan dan jasa perawatan SBNP  dalam rangka memenuhi permintaan dalam penyelenggaraan SBNP khususnya di Indonesia. CVSKA siap menjadi mitra yang akan menyiapkan semua sarana dan prasarana baik itu perusahaan swasta atau pemerintah. Memiliki tenaga profesional dan pengalaman dalam hal sarana bantu navigasi pelayaran (SBNP)  serta memiliki standar dan sertifikasi Nasional dalam hal melaksanakan kegiatan tersebut. 

    Fasilitas navigasi pelayaran khususnya di Indonesia sangat penting mengingat negara kita memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas dari pulau atau daratan. Fasilitas navigasi pelayaran yang seharusnya di di laksanakan untuk penyelenggaraan sarana bantu navigasi pelayaran menjadi salah satu sarana yang akan mengurangi tingkat kecelakaan khususnya di laut. Fasilitas navigasi pelayaran juga dibutuhkan bukan saja untuk kepentingan rambu rambu pelayaran semata, namun juga sebagai alat dalam hal pengawasan area laut, pulau kecil yang merupakan batas antar negara serta dapat dipergunakan dalam hal mendapatkan informasi lebih dini dalam hal  mendeteksi  bencana alam  yang mungkin bersumber dari dalam laut seperti gempa bumi atau tsunami.

    JENIS SARANA BANTU NAVIGASI PELAYARAN

    Jenis sarana bantu navigasi pelayaran memiliki beberapa macam SBNP baik mulai dari peralatan rambu suar hingga alat pendukung lainnya yang melengkapi sesuai dengan kebutuhan dan tempat di posisi fasilitas navigasi pelayaran di tempatkan.

    Dibawah ini adalah jenis sarana bantu navigasi pelayaran serta macam macam SBNP sebagai berikut :

    1. Pelampung Suar ( Ligth Buoy).


    Alat bantu fasilitas navigasi pelayaran yang dipasang pada perairan atau laut tertentu, seperti di perairan yang ramai atau sempit atau saat memasuki wilayah pelabuhan dan juga sungai. Pelampung suar (buoy) diletakan permukaan mengapung di laut dengan pengikat rantai atau jangkar yang memiliki tujuan membantu para pelaut atau Nakhoda dalam memilih alur pelayaran yang aman atau juga untuk menghindari daerah seperti karang, sejenisnya. Memandu kapal pada saat ingin masuk atau keluar dari wilayah  perairan atau  pelabuhan.

    Pelampung suar merupakan salah satu fasilitas dari navigasi pelayaran juga  merupakan rambu suar mengapung  yang memiliki fungsi yang berbeda beda mengikuti aturan standar yang telah ditetapkan secara internasional dengan mengacu pada IALA BUOYAGE SYSTEM REGION "A" untuk negara kita Indonesia.  Dibawah ini beberapa model dari Pelampung suar yang biasa dipergunakan sebagai fasilitas navigasi pelayaran di Indonesia. 

    Macam macam buoy  atau pelampung dalam bahasa indonesia memiliki model dan bentuk serta warna yang memiliki fungsi sebagai rambu navigasi laut. Jenis pelampung yang digunakan untuk petunjuk area di laut pada tempat tempat yang harus dihindari atau sebagai penentuan posisi rambu rambu laut. Untuk macam macam buoy dan fungsinya secara lebih detail dibahas dalam artikel saya yang ini.

    2. Pelampung Navigasi Besar ( Large Navigation Buoy ) : Sebutan lain dan adalah "PELSU". Memiliki beberapa jenis dilihat dari fungsi dan bentuk yang rata rata paling besar diantara jenis buoy lainnya. Ditarik menggunakan kapal saat pemasangan karena lebih besar dan lebih berat.


    • SALM (Single Anchor Leg Mooring) BUOY  : Merupakan salah satu sistem pelampung suar mengapung pada bagian dasar yang tertambat ke dasar untuk menjaga posisi dari fasilitas navigasi pelayaran ini pada saat beroperasi dari beban lingkungan yang terjadi. Merupakan salah satu fasilitas yang penting untuk menjaga pelampung suar pada keadaan di posisinya di permukaan. Terdiri dari pelampung yang terapung di atas permukaan laut melalui kaki jangkar yang di kencangkan tunggal yang terdiri dari pipa riser berputar pada sendi universal dan rantai jangkar pendek.
    • CALM  ( Catenary Anchor Leg Mooring ) BUOY : System mooring buoy di buat untuk kapal muatan besar seperti kapal tangker. Jadi fungsi utamanya bisa untuk kapal besar melakukan bongkar muat. Mekanisme kerjanya : Mooring Buoy adalah sebagai tempat dari proses loading, kapal tanker misalnya proses mengambil minyak dari dari kapal satu ke kapal lebih kecil lainnya dengan bertambat pada jenis bouy yang kita disebut sebagai Mooring Buoy ini. Terdiri dari pelampung yang terkait 4 rangkaian  rantai jangkar terletak di dasar laut merupakan cara paling efisien  untuk proses bongkar muat kapal  tanker tanpa harus merapat ke dermaga. CALM buoy system standar biasanya dilengkapi dengan : bilge pump,  rotation stopper system, rigging equipment, ballast and trim facilities, sacrificial anodes, lifting and towing padeyes, pick-up arrangements for the floating hose and mooring hawser.
    • DEEP WATER BUOY : Sistem yang digunakan sebagai pegas, sehingga dapat mengurangi tegangan. Tujuan dari sistem ini adalah bila terjadi pasang surut dari air laut sehingga posisi bouy berada pada posisi tidak yang tidak telalu jauh dari yang telah ditetapkan.
    3. Mercusuar (Light House) : Fasilitas navigasi bagi pelayaran biasa kita temukan terletak tidak jauh dari pantai pada sebuah pulau. Berupa bangunan dari semen batu atau beton berbentuk mengerucut dengan ketinggian diatas 100 meter. Memiliki lampu suar khusus dan lebih terang dibanding jenis lampu suar lainnya. Memiliki penjaga mercusuar yang 


    4. Rambu Suar (Light Beacon) : Rambu Suar menara tiang biasanya di pantai sehingga bentuk bangunan setengah berada di bawah permukaan air (terendam air) dengan pondasi. Bentuk bangunan fisik sebuah rambu suar bisa dibuat dari pipa besi baja bisa berwarna merah,  hijau, kuning atau warna kontras terang lainnya. Rambu berpenerangan baik untuk menara sebagai tanda  dengan posisi yang tetap.  Fasilitas navigasi pelayaran  sebagai penuntun alur kapal ketika melewati perairan ramai atau teluk yang sempit. Pintu keluar masuk kapal di pelabuhan. 

    5. Kapal Suar (Light Vessel) : Dibangun menggunakan sebuah kapal yang di desain secara khusus sebagai  fasilitas navigasi pelayaran yang ditempatkan di perairan yang di tambat-kan dan menetap menggunakan jangkar. Kapal suar biasanya mempunyai mesin sendiri sehingga bisa berpindah dengan mudah bila dibutuhkan. Untuk mempermudah perawatan setiap kapal suar ada petugas yang berjaga secara bergantian dalam satu periode seperti pada penjaga di mercu suar.


    PENYELENGGARAAN SBNP

    Sebagai perusahaan penyelenggara SBNP CVSKA siap melaksanakan permintaan pemasangan untuk keperluan fasilitas navigasi pelayaran di seluruh Indonesia. Peraturan Menteri Perhubungan yang dituangkan dalam PM 25 tahun 2011 merupakan sebagai acuan dalam hal semua fasilitas navigasi pelayaran yang ada di Indonesia. 

    Demikian PERUSAHAAN SBNP CVSKA memiliki sumber daya manusia yang siap mendukung program dari penyelenggaraan sbnp yang menjadi sarana serta fasilitas navigasi pelayaran dengan standar yang telah ditetapkan. Untuk informasi mengenai jasa perawatan fasilitas navigasi beserta pengadaan-nya silahkan hubungi kami. 


    Salam 
    JENIS SARANA BANTU NAVIGASI PELAYARAN



    CVSKA.NET


    Artikel terkait :
    makalah tentang sarana bantu navigasi pelayaran | pengertian sarana bantu navigasi pelayaran | navigasi pelayaran adalah | kode rambu suar lengkap |
    pm 25 tahun 2011 tentang sbnp | penyelenggaraan sbnp | fasilitas navigasi pelayaranmacam macam sbnp | Distributor mooring buoy
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    SARANA BANTU NAVIGASI PELAYARAN (SBNP)

    Kami siap melayani jasa mulai dari proses perencanaan, instalasi hingga perawatan untuk penyediaan alat bantu navigasi pelayaran di Seluruh Indonesia.

    Cari di Web Ini

    ADDRESS

    Legenda Wisata, Ruko Newton Square Blok U20 No.7 Gunung Putri Bogor, Jawa Barat

    EMAIL

    marketing@cvska.net

    info@cvska.net

    MOBILE

    +62-21-2288-6882,
    +62-813-8988-2622